Selasa, 22 Desember 2015

Kasih Ibu Sepanjang Masa



            Seperti yang kita tahu hari ini tepatnya tanggal 22 Desember adalah bertepatan dgn peringatan Hari Ibu Nasional. Hari ibu diperingati dengan berbagai alasan, di berbagai negara Eropa dan Timur Tengah hari ibu atau Mother’s Day dirayakan pada bulan maret hal itu berhubungan dengan kepercayaan mereka dengan sejarah atau mitologi Yunani Kuno . peringatan hari ibu di Indonesia adalah hari perayaan terhadap peran seorang ibu di dalam keluarganya baik untuk suami anaknya maupun lingkungan sosialnya. Dan yang paling terpenting hari ibu diperingati untuk mengungkapkan rasa sayang dan terima kasih kepada para ibu yang telah melahirkan kita kedunia.
            Ibu adalah sosok yang luar biasa. Seorang ibu sanggup merawat 10 orang anak tetapi 10 orang anak belum tentu dapat merawat seorang ibu. Begitu banyak kata-kata ungkapan untuk seorang ibu dan salah satunya adalah “Kasih Ibu Sepanjang Masa“. Terdapat beberapa kisah nyata yang menggambarkan betapa besar kasih ibu kepada anaknya dan tidak akan putus hingga maut memisahkan.
            Yang pertama adalah seorang ibu muda bernama Cindy dia tidak pernah terbayang bahwa putra tunggalnya divonis menderita tumor otak. Tumor ini menggerogoti kesehatan anaknya sampai pada akhirnya harus dirawat di rumah sakit hingga akhir hayatnya. Selama masa pengobatan anaknya Cindy tidak pernah meninggalkan anaknya satu detik pun. Dan melakukan apapun demi anaknya. Cindy menggendong dan mendekap anaknya ketika putra itu kesakitan seusai terapi. Cindy menghibur putranya dengan mendorongnya berjalan-jalan keliling rumah sakit tanpa peduli bahwa tubuhnya juga bisa lelah. Bahkan Cindy melepas pekerjaannya, menjual rumahnya demi biaya pengobatan anaknya.
            Kisah yang kedua adalah dari seorang ibu di Jepang. Mungkin anda masih ingat gempa yang terjadi di Jepang tahun 2011 lalu. Pada gempa besar ini terdapat satu kisah pilu dari pengorbanan seorang ibu. Wanita tangguh ini ditemukan meninggal dunia dalam posisi mendekap bayinya membiarkan tubuhnya sendiri tertimpa reruntuhan dan bayinya selamat dari reruntuhan bangunan. Petugas evakuasi menemukan wanita muda ini dalam keadaan tidak bernyawa. Dan dia menulis pesan singkat yang jika dibahasa Indonesiakan berarti “Nak, bila engkau selamat ingatlah bahwa ibu mencintaimu lebih dari apapun”. Masyaallah.
            Dari dua kisah tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa kasih sayang ibu terhadap anak-anaknya tidaklah terhingga. Kebaikan yang ibu curahkan pada anak-anaknya tak pernah terhitung. Oleh karena itu penghormatan kepada ibu sangat perlu diutamakan meskipun mungkin penghormatan kita kepada ibu tidak sebanding dengan apa yang telah diberikan kepada kita, namun setidaknya kita dapat membahagiakan ibu dan bapak kita untuk membalas segala kebaikannya. Penghormatan ini dapat kita lakukan dengan memberi tutur dengan baik dan lembut karena hati orang tua sangatlah sensitif. Allah SWT berfirman yang artinya “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia” (QS. Al Isra:23-24).
            Selain itu kita juga diharuskan untuk tidak sombong kepada kedua orang tua dari apa yang kita miliki. Karena secara tidak langsung apa yang kita dapatkan sekarang adalah hasil jerih payah orang tua kita juga dalam membesarkan kita.
              Di peringatan hari Ibu Nasional ini marilah kita semakin memuliakan ibu kita sebagaimana Rasulullah SAW memuliakan sosok ibu dengan menempatkan ibu sebagai pihak ketiga yang patut untuk dihormati setelah Allah SWT dan Rasulullah SAW namun yang kita ingat memuliakan ibu dan bapak kita bukan hanya dalam satu waktu karena kapanpun dan dimanapun kita harus tetap menghormati dan memuliakan mereka seperti halnya ibu kita yang tidak ada henti-hentinya menyayangi kita dan mendoakan kita. Untuk itu tidak salah jika ada ungkapan ” Kasih Ibu Sepanjang Masa”. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat mengingatkan kita kembali untuk selalu hormat dan patuh kepada kedua orang tua kita terutama ibu. Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Source: Berita Islami Siang TransTV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar